Wisata Bisnis – Menjadi sukses adalah dambaan hidup setiap orang. Banyak cara untuk meraih kesuksesan, salah satunya adalah dengan berbisnis. Namun tidak semua orang berani memulai sebuah bisnis.
Kegagalan dan kerugian menjadi ketakutan terbesar yang sering menghantui. Hanya orang-orang dengan
tekad dan mental kuat yang berani memulai sebuah bisnih dari nol.
Saat ini bisnis di bidang pariwisata menjadi salah satu yang sangat menjanjikan, karena kebutuhan akan rekreasi seolah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia.
Banyak contoh orang sukses karena bisnis mereka di bidang pariwisata. Contohnya adalah Jonathan Thamrin, founder Travacello.
Travacello adalah sebuah agent tour yang bisa besar dengan modal awal hanya Rp. 10 juta.
Jika kamu yang memiliki minat untuk memulai sebuah bisnis di bidang pariwisata, kamu bisa menyimak enam tips dari Jonathan Thamrin berikut ini.
1. Cari rekan dengan visi dan misi yang sama
Memulai sebuah bisnis harus mempesiapkan diri dengan berbagai kesulitan dan hambatan yang akan datang. Seorang pebisnis tak bisa bekerja seorang diri, dia membutuhkan rekan dengan visi dan misi yang sama. Tak hanya itu,rekan adalah tempat untuk berdiskusi dan memperoleh sebuah gagasan atau strategi.
2. Jangan takut untuk menjadi berbeda
Tidak hanya satu atau dua orang saja yang sedang berjuang mengembangkan bisnis usaha di bidang
pariwisata, ada ratusan bahkan mungkin ribuan orang di Indonesia. Oleh karena itu jangan takut untuk menjadi berbeda dalam mengembangkan bisnis pariwisatamu, buatlah karakteristik khas pada jasa yang kamu
tawarkan di bisnis pariwisatamu.
Sebagai contoh Travacello, selain memberikan jasa wisata juga mengajak wisatawan untuk mengenal lebih dalam dengan masyarakat setempat melalui kegiatan sosial.
3. Berkolaborasi
Berkembangnya teknologi memaksa para pelaku usaha untuk bisa menyesuaikan diri dengan zaman. Bersaing dengan kecanggihan teknologi tidak akan menguntungkan bisnis kamu.
Namun kamu bisa melakukan kerjasama dengan teknologi. Travecello untuk mempertahankan eksistensi dan mengembangkan bisnisnya melakukan kerjasama dengan berbagai start up dan media di Indonesia.
4. Berikan nilai yang tinggi pada service
Penilaian dari konsumen bisa meningkatkan kasta bisnis kamu Untuk mendapatkan penialaian yang
tinggi dari konsumen satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan service terbaik bagi konsumen. Jangan sampai membuat konsumen menyesal telah menggunakan jasa pada bisnismu.
Penilaian yang buruk dari konsumen akan berdampak fatal bagi pemasaran bisnis kamu.
5. Manfaatkan kekuatan media sosial
Media sosial memiliki kekuatan pengaruh yang besar bagi pelaku bisnis di bidang pariwisata. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang ampuh untuk menarik konsumen.
Jonathan Thmarin mengaku bahwa 80 % konsumen yang menggunakan jasan Travecello tertarik melalui media sosial. Menurutnya kekuatan foto di media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan usahanya.
6. Terus belajar hal-hal baru
Teruslah belajar hal hal baru, walaupun kamu sudah berhasil mendapatkan hasil yang positif dari langkah-langkah diatas. Jangan cepat puas dan berani dalam mengambil langkah. Namun, tetaplah berusaha mengembangkan bisnis pariwisatamu agar terus bisa dikenal banyak orang.