Wisata Bisnis – Di dunia yang berubah dengan cepat ini, mengikuti tren adalah segalanya. Media sosial perlahan-lahan menjadi semakin penting dalam cara kita menjangkau audiens. Hampir setiap industri di dunia ini, mulai dari fashion hingga farmasi, mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk industri perjalanan juga! Artinya, setiap orang membutuhkan ide konten, terutama mereka yang sibuk, seperti agen perjalanan.
Jika kamu seorang pebisnis yang bergerak di bidang travel, tak ada salahnya turut memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media pemasaran dan promosi, terlebih lagi melihat saat ini ada banyak orang yang menggunakan media sosial. Dengan hal tersebut, maka akan membantu kamu untuk menjangkau target pasar secara lebih luas dan lebih cepat.
Keranjang konten adalah tema atau kategori yang dapat digunakan sebagai peta jalan untuk membuat sejumlah postingan bertema serupa. Setiap wadah konten mewakili topik atau jenis konten tertentu yang selaras dengan sasaran bisnis Anda, audiens target, dan identitas merek.
Agak sulit dimengerti? Jangan khawatir, berikut sejumlah ide konten media sosial untuk agen perjalanan seperti Anda.
1. Destinasi yang Menarik
Destinasi merupakan salah satu konten yang penting dan bernilai untuk ditujukan kepada para traveler. Mereka yang ingin jalan-jalan, biasanya mencari beberapa rekomendasi tempat sebelum memutuskan akan pergi kemana.
Tentunya dengan menunjukkan destinasi yang menarik untuk dikunjungi, kamu dapat menarik perhatian dari target audiens terhadap akun media sosial milikmu. Akan lebih bagus lagi kalau kamu memberikan rekomendasi destinasi yang belum diketahui banyak orang, tapi memiliki pemandangan yang memuaskan dan menarik untuk dicoba.
2. Tip dan Panduan Perjalanan
Wisatawan selalu mencari tip dan panduan yang berguna selama perencanaan perjalanan mereka. Sebagai agen perjalanan, ide konten media sosial terbaik adalah membicarakan waktu terbaik untuk bepergian ke destinasi tertentu, tempat-tempat yang wajib dikunjungi di kota-kota terkenal, dan beberapa etika budaya yang harus diwaspadai.
Dalam konten berdurasi pendek seperti reel atau cerita, Anda dapat memposting kiat-kiat pengepakan yang berguna, hal-hal penting yang harus dibawa, dan hal-hal yang harus dibuang! Bagikan informasi tentang dokumentasi resmi yang diperlukan, seperti persyaratan visa, asuransi perjalanan, dan dokumen terkait perjalanan lainnya.
3. Promosi dan Penawaran
Memasarkan biro perjalanan Anda tidak akan lengkap tanpa menunjukkan poin paling menarik kepada audiens target Anda. Setelah Anda membuat mereka terpikat pada konten Anda yang lain, berikan mereka promosi atau diskon khusus yang hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu.
Jadikan diskon spesial dengan memilih tujuan tertentu, jumlah orang, atau menentukan demografi. Misalnya, liburan kekasih ke Paris kemungkinan besar akan menarik perhatian pengantin baru atau pasangan jangka panjang.
Bagikan penawaran di menit-menit terakhir atau diskon di luar musim untuk benar-benar mendorong calon wisatawan Anda mengambil tindakan.
4. Behind the Scene
Sedikit berbeda, kamu dapat menunjukkan behind the scene dalam kegiatan berbisnis di bidang travel yang kamu lakukan. Kamu dapat menunjukkan bagaimana keadaan sesungguhnya saat konten dibuat atau saat tim melakukan rapat atau diskusi terkait perjalanan tertentu. Namun, pastikan juga konten yang kamu unggah tetap memiliki daya tarik bagi target audiens.
5. Hacks Bermanfaat saat Travel
Tak kalah penting, hacks-hacks juga banyak diincar oleh para traveler saat bepergian, seperti contohnya teknik melipat baju dengan cara digulung, sehingga akan lebih sedikit memakan tempat di tas tetapi tetap rapih.
Nah, jenis konten seperti ini akan sangat membantu para traveler sehingga dapat meningkatkan engagement akun media sosialmu, yang dapat bermanfaat untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi.
6. Bergabunglah dengan Influencer
Influencer dapat menjadi aset yang sangat baik untuk agen perjalanan Anda. Bermitralah dengan influencer yang memiliki banyak pengikut. Gunakan kehadiran media sosial mereka untuk mempromosikan layanan dan tujuan Anda.
Hal ini membantu tidak hanya menjangkau khalayak yang lebih luas tetapi juga langsung mendapatkan buku bagus mereka. Saat Anda berkolaborasi dengan influencer terkenal dan tepercaya, audiens mereka akan mempercayai ulasan dan pengalaman mereka
Selain itu, influencer dapat membuat konten yang menarik, umpan balik dan opini dari pengikutnya, serta membantu Anda mengevaluasi layanan Anda dan melakukan perbaikan.