Wisata Bisnis – Sebagai bagian dari upaya membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar, OYO Hotels yang merupakan startup jaringan hotel asal India mengadopsi model manchise (manajemen dan franchise).
Dalam konsep ini, kualitas, kontrol, dan manajemen dipegang penuh oleh OYO Hotels melalui pengelolaan perhotelan berbasis teknologi.
Menurut Sahabat Lerjo Simbolon selaku Asistant General Manager OYO Indonesia, dengan konsep tersebut semua kamar yang ditangani menerapkan standar yang ditetapkan oleh OYO.
“Dan itu tidak asal-asalan, kemudian tenaganya pun tidak sembarangan. Untuk tim operasional, kami ambil minimum hotel manager bintang tiga,” jelasnya.
Kemudian dari sisi teknologi yang diusung OYO Hotels diklaim bisa mengatasi persoalan operasional hotel.
Peningkatan Aljadid Guest House
Sebagai contoh guest house yang berhasil setelah bergabung dengan OYO adalah Aljadid Guest House Syariah Medan. Sebelumnya, Aljadid Guest House Syariah Medan disewakan per bulan bagi pelanggan. Sejak 8 tahun berdiri, Aljadid hanya dikenal sebagai penginapan biasa warga sekitar. Namun, setelah menggunakan merek OYO, terjadi perubahan yang signifikan pada properti yang berlokasi di Medan ini.
Manajer Aljadid Guest House Syariah Medan, Wira Satrya Nanda mengatakan bahwa bergabungnya hotel yang dikelolanya dengan OYO merupakan langkah besar yang menguntungkan. “Saya melihat bahwa company profile dan investor OYO sangat bagus dan menjanjikan sehingga kami memutuskan untuk bermitra,” kata Wira.
Menurutnya bisnis berbasis teknologi yang ditawarkan OYO padanya juga memudahkan pelanggan untuk mencari penginapan atau akomodasi. Dengan bergabungnya properti Aljadid dengan OYO, Wira menilai terjadi peningkatan nilai bagi propertinya di mata masyarakat.
Walau OYO belum sangat populer di Indonesia, Wira melihat potensi perkembangan bisnis yang luar biasa. Apalagi menurutnya, OYO menjadi jaringan hotel yang cukup kuat di China dan di negara basisnya India.
Selain itu, pegawai hotel juga diberikan pelatihan untuk memenuhi standar layanan yang telah disepakati dalam kerjasama. “Campur tangan mereka cukup besar dan sangat membantu kami,” kata Wira.
Wira bercerita pada awal dia mendengar mengenai perencanaan bisnis yang ditawarkan oleh OYO, dia mengaku langsung tertarik dan melihat potensi bisnis dari jaringan hotel ini. “OYO sangat business oriented,” katanya.
Terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam bisnis penginapan Aljadid Guest House. Terutama, terjadi peningkatan okupansi yang sangat baik. Tadinya dengan sistem penginapan bulanan, Aljadid memperoleh pendapatan tetap setiap bulan.