Wisatabisnis.web.id – Liburan adalah salah satu hal yang penting bagi setiap orang karena dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Liburan ke berbagai tempat dan mendapatkan ijin libur dari pekerjaan untuk beberapa waktu adalah impian banyak orang. Namun, bagi pemilik bisnis hal itu tidak mudah untuk diwujudkan.
Namun sebagian pemilik bisnis tidak memiliki waktu untuk berlibur dikarenakan memiliki jadwal yang sangat padat. Ada beberapa pekerjaan yang sangat tidak mungkin untuk ditinggalkan. Akan tetapi ada juga pemilik bisnis yang tetap bisa menikmati liburan mereka tanpa meninggalkan bisnis mereka. Ada juga yang tetap harus bekerja meskipun mereka sedang berlibur.
Ada beberapa tips bagi para pebisnis untuk dapat menikmati liburan tanpa harus meninggalkan pekerjaan. Sehingga moment liburan pun tidak menjadi sia – sia.
1. Mengatur Jadwal Perjalanan
Untuk dapat benar-benar menikmati liburan tanpa harus mengkhawatirkan bisnis , sebaiknya kita sudah merencanakan liburan kita jauh – jauh hari. Hal ini akan memudahkan kita mengatur deadline dan memprioritaskan pekerjaan. Tentukan waktu yang pas untuk berlibur, misalnya saat penjualan bisnis kita sedang lambat atau ketika sedang tidak banyak prospek atau ketika liburan hari raya.
2. Mengelola Beban Pekerjaan
Selesaikan dahulu pekerjaan kita dengan para klien sebelum kita pergi liburan. Jika tidak memungkinkan, pastikan karyawan kita dapat melayani permintaan klien kita saat kita pergi. Atau kita dapat memberitahu klien mengenai jadwal perjalanan kita sehingga kita dapat menjadwalkan pertemuan kita dengan klien.
3. Menunjuk Orang Kepercayaan
Jika Anda berencana berlibur untuk waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya jika kita mencari orang kepercayaan untuk menggantikan peran kita untuk sementara. Orang ini nantinya dapat membantu mewakili kita pada rapat internal dan eksternal. Akan tetapi, keputusan bisnis harus tetap ada di tangan Anda.
4. Mengajarkan Karyawan untuk Bekerja Secara Mandiri
Dengan kita pergi berlibur kita dapat mengukur kemandirian karyawan kita. Dengan begitu kita dapat memahami apakah karyawan kita bekerja dengan baik atau tidak. Karyawan kita harus benar-benar memahami apa yang mereka kerjakan dan apa yang harus dilakukan ketika mereka dihadapkan pada masalah.
5. Tetap Memonitor Bisnis Kita
Walaupun kita sedang liburan, kita juga harus menyempatkan waktu untuk memantau aktivitas bisnis Anda setiap hari. Tentukan waktu yang paling membuat Anda nyaman dan tidak mengganggu kegiatan liburan Anda. Misalnya, luangkan waktu selama setengah hingga satu jam di pagi hari atau menjelang tidur di malam hari untuk mengecek berbagai laporan.
6. Selalu Terhubung dengan Internet
Jangan melupakan koneksi Internet. Jika tidak ada koneksi Internet, kita tidak dapat menjalankan bisnis kita dengan baik. Selama kita terkoneksi dengan internet, kita bisa mengecek email dan meresponsnya dengan segera. Kita juga dapat melakukan video call dengan staf atau klien serta dapat mengakses berbagai data yang tersimpan di sistem Cloud.
Kita mungkin tidak benar-benar meninggalkan pekerjaan kita. Yang paling penting adalah memanfaatkan waktu liburan dengan sebaik mungkin untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kita. Jadi setelah pulang dari berlibur kita akan lebih semangat untuk beraktifitas ketika kembali bekerja.