Wisata Bisnis – Tren pariwisata Indonesia terus mengalami perubahan dan pergeseran pascapandemi Covid-19. Salah satunya adalah fokus susunan itinerary yang padat di tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2024 tren pariwisata akan cenderung ke arah perjalanan yang mindful dan berkesan.
Terlebih tren dunia saat ini mengarah pada kegiatan ramah lingkungan. Lantas, wisata seperti apa yang diproyeksikan akan menjadi tren tahun ini?
Mengutip Kemenparekraf.go.id, di tahun 2024 ini wisatawan akan memilih gaya berwisata yang menghadirkan pengalaman-pengalaman baru ketimbang konsep berwisata konvensional.
Angela Tanoesoedibjo, menjelaskan ada empat tren pariwisata 2024 yang diprediksi dapat mendatangkan kunjungan dan pergerakan wisatawan, yakni Bleisure, Wellness Experience, Deep and Meaningful, dan Set-Jetting.
Bleisure: Tren yang Terus Tumbuh Pascapandemi
Banyak perusahaan di Indonesia yang memberi kebebasan pegawainya untuk bekerja dari mana saja pascapandemi. Adanya kebebasan tersebut dapat meningkatkan fleksibilitas para pekerja untuk tetap menyempatkan liburan singkat di sela-sela waktu bekerja.
Kesempatan tersebut pun menghadirkan model wisata bleisure (business and leisure) sebagai salah satu tren yang masih akan terus diminati hingga tahun ini.
Wellness Experience: Utamakan Kesehatan Mental saat Berlibur
Tren pariwisata 2024 berikutnya adalah wellness experience atau pengalaman wisata kebugaran. Meningkatnya popularitas tren wisata wellness experience tidak bisa dipisahkan dari pergeseran perilaku wisatawan pascapandemi COVID-19 yang semakin menyadari pentingnya kesehatan mental dan pengalaman spiritual.
Dalam mendukung dan mewujudkan pengalaman wisata yang berkualitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) sedang mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur. Harapannya, KEK Sanur dapat menjadi salah satu point of interest bagi wisatawan yang mencari pengalaman wellness tourism di Bali.
Wisata yang Bermakna
Lebih dari ¾ wisatawan dalam survei yang dilakukan oleh Booking.com menginginkan pengalaman wisata yang lebih berkualitas dan bermakna.
Indonesia terkenal sebagai negara dengan keindahan alam dan budaya yang sangat kental. Hal ini membuat Nusantara memiliki peluang besar dalam mengembangkan storynomics tourism. Serta membantu membangun interpretasi dan imajinasi wisatawan pada sebuah objek wisata.
Set-Jetting
Saat ini banyak destinasi wisata yang dijadikan sebagai lokasi syuting beberapa film lokal. Siapa sangka, ternyata momen ini mendorong terciptanya tren pariwisata baru, yakni set-jetting. Sebagai gambaran, set-jetting adalah kegiatan berwisata dengan mengunjungi tempat-tempat syuting film yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.
Selain menikmati keindahan alam, bangunan arsitektur, maupun mengenal budaya yang kental, liburan ke destinasi wisata yang pernah menjadi lokasi syuting film turut memberikan rasa bangga tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.