Wisatabisnis.web.id – Ada banyak sekali jenis wisatawan di dunia. Backpacker, kelaurga, leisure, bahkan sampai bisnis. Nah, disini kami ingin membahas tentang tipe hotel yang dicari oleh wisatawan bisnis.
Dengan pengeluaran perjalanan bisnis global yang diperkirakan akan meningkat 7% pada tahun 2020, ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil kesempatan untuk berbisnis dan mencari cara untuk menarik wisatawan bisnis ke hotel anda.
Dengan dinamika teknologi dan kenyamanan yang berubah, bahkan para wisatawan bisnis mengharapkan layanan yang cepat dan ramah dari pihak hotel.
Menarik wisatawan bisnis ke hotel anda dapat menyebabkan peningkatan pendapatan. Selain itu, nama hotel anda pun akan membesar berkat para wisatawan bisnis tersebut.
Seperti contoh, Hotel Mariott dan Hotel Hilton mendapatkan pendapatan mereka dari wisatawan bisnis. Kebanyakan dari yang menginap di hotel-hotel tersebut adalah pegawai corporate atau para boss.
Sebagian besar wisatawan bisnis memilih untuk tinggal di hotel sekalian merancang meeting di hotel tersebut. Tetapi peluang ekspansi bisnis selalu tersedia dan tinggi, aspek industri ini memunculkan lebih banyak pemesanan kamar, pemilihan menu makanan yang banyak, dan fasilitas yang mencerminkan gaya individu para wisatawan ini. Tidak hanya itu, mereka juga membantu hotel menarik tamu baru dan mendapatkan jumlah tamu berulang dari waktu ke waktu.
Nah, untuk anda yang ingin berbisnis perhotelan, kami ada beberapa saran untuk dipertimbangkan. Yang pertama, anda harus menawarkan rate untuk para wisatawan bisnis dengan fasilitas rekreasi seperti spa atau pool bar. Dengan itu, para wisatawan bisnis juga bisa relax setelah bekerja. Kan penat juga kalau bekerja terus menerus dan tak ada hiburan sama sekali.
Kedua, promosi lewat media sosial. Dengan penggunaan internet yang eksesif saat ini, saluran media sosial sangat diminati – tidak hanya untuk wisatawan biasa tetapi juga untuk wisatawan bisnis. Mereka menggunakan media sosial untuk tetap berhubungan dengan para pakar bisnis, membuat diri mereka tetap up-to-date pada tren bisnis saat ini, dan untuk memonitor kompetitor mereka.
Oleh karena itu, anda dapat menawarkan pengalaman multi-media dengan beriklan melalui YouTube, Facebook, Instagram dan situs lainnya juga. LinkedIn juga merupakan salah satu platform yang tepat untuk berhubungan dengan wisatawan bisnis.
Ketiga, anda bisa memberikan fasilitas transportasi. Dengan menawarkan fasilitas transportasi, para wisatawan bisnis dapat pergi ke tempat-tempat tujuan mereka dengan mudah tanpa harus susah-susah mencari transportasi umum di tempat yang mereka tidak familiar.
Keempat, proses check-in dan check-out yang mudah dan cepat. Jangan bertele-tele ketika ada tamu yang ingin melakukan kedua hal tersebut. Yang anda harus tahu, waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi para wisatawan bisnis. Jangan buang waktu mereka hanya untuk memproses check-in dan check-out mereka.
Nah, dengan mengikuti langkah-langkah ini, pasti bisnis perhotelan anda bisa maju dengan cepat.