Mulai Berbisnis Berbasis Servis Yuk!

Wisatabisnis.web.id – Bisnis berbasis layanan atau servis memungkinkan Anda bebasan untuk meningkatkan keterampilan Anda dan mendapatkan keuntungan. Anda dapat mengasah skill dan passion Anda, seperti marketing, PR atau menulis, sambil membantu orang lain. Namun, ada lebih banyak praktik daripada merancang situs web yang menarik, jaringan dan menangani tugas.

Bisnis adalah bisnis, dan memulai perusahaan Anda sendiri bukanlah hal yang mudah. Anda ingin memastikan Anda tahu persis apa yang Anda hadapi sebelum terjun. Pengusaha yang telah memulai bisnis berbasis layanan mempertimbangkan tantangan dan keuntungan, serta praktik terbaik untuk membuat perusahaan Anda keluar dari lapangan.

Mengapa memulai bisnis jasa?

Perusahaan berbasis layanan mungkin kurang konvensional daripada yang lain, tetapi ada beberapa manfaat utama dari memulainya.

Startup tidak makan biaya yang besar. Mengembangkan dan menjual produk fisik membutuhkan waktu, uang, dan energi. Bahkan jika Anda menjalankan bisnis e-commerce, Anda masih harus berurusan dengan pengemasan, pengiriman dan pengembalian. Dalam bisnis berbasis layanan, produk Anda adalah Anda. Ada sedikit atau tidak ada biaya startup, overhead atau produksi – semua yang perlu Anda lakukan adalah membangun reputasi Anda dan mengeluarkan berita.

“Saya memulai bisnis [saya] dengan investasi awal yang sangat sedikit,” kata Kathryn Snellen, pemilik perusahaan komunikasi dan humas Kathryn Elise Studio. “Saya membuat situs web saya sendiri, mendesain kartu nama, dan sudah memiliki laptop dan peralatan kantor. Bagi saya, rekomendasi dari mulut ke mulut melalui jaringan telah dan terus menjadi pemimpin terbesar saya untuk klien potensial, dan saya tidak harus berinvestasi dalam iklan atau pemasaran untuk bisnis saya. “

Fleksibilitas. Dalam banyak kasus, bisnis jasa jauh lebih mudah beradaptasi daripada bisnis berbasis produk. Selain bekerja kapan pun dan di mana pun Anda inginkan, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan dan menyesuaikan layanan Anda agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing klien.

“Jika klien tidak senang dengan perkembangan kampanye atau situs web, Anda dapat membuat perubahan sesuai dengan umpan balik mereka secara real time,” kata Brian Whigham, direktur pelaksana agensi pemasaran digital Venn Digital. “Ini jauh lebih sulit dilakukan untuk produk, yang mungkin perlu pengujian, lisensi dan remanufakturing.”

Kepuasan. Ketika Anda menawarkan waktu dan keterampilan Anda sendiri daripada produk fisik, Anda terhubung dengan klien dan konsumen Anda pada level yang lebih tinggi. Anda tidak hanya mendapat untung secara finansial dari meningkatkan bakat Anda, Anda juga mendapatkan rasa puas karena membantu orang lain.