Wisata Bisnis – Sekarang ini banyak sekali wisata alam yang baru bermunculan. Tak lepas dari peran masyarakat setempat bersama pemerintah daerah bekerjasama dalam pengembangan potensi wisata alam yang ada. Apabila sebelumnya ada satu dua saja wisata pantai namun sekarang ini banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Tidak hanya itu wisata air terjun atau curug juga semakin banyak dikarenakan masyarakat setempat berhasil mengelolanya.
Potensi wisata alam yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan pendapatan daerah, selain itu masyarakat setempat juga bisa memanfaatkan sebagai lapangan pekerjaan. Oleh karena itu ada beberapa cara agar pengelolan wisata alam dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya sebagai wisata baru sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat daerah untuk bertumbuh. Diantaranya,
Berembuk dengan Komponen Desa
Potensi wisata alam dapat dari bermacam aspek, contohnya saja ada wisata alam buatan dan juga wisata alam alami. Supaya dapat menarik pengunjung potensi wisata alam yang diunggulkan harus menjadi komoditas utama. Salah satu contohnya di Mangunan Dlingo Yogyakarta komoditas utama wisatanya adalah Kebun Buah Mangunan. Dan setelah kebun buah memiliki banyak peminat, masyarakat sekitar berunding untuk potensi alam selanjutnya. Hingga akhirnya terciptalah usulan wisata seribu batu songgo langit. Hal itu disebabkan banyaknya bebatuan besar di lokasi tersebut kemudian masyarakat setempat menambahkan sarana penunjang seperti jembatan kayu, rumah kayu dan lain-lain.
Masalah yang Terjadi
Tidak hanya memutuskan potensi wisata alam apa di desa tersebut, langkah selanjutnya adalah merumuskan hambatan apa saja yang bisa terjadi. Hambatan bisa berupa hambatan fisik, non fisik, sosial dan sebagainya. Setiap hambatan harus dipecahkan dengan cara yang baik dan benar. Disamping itu harus ada mufakat atau persetujuan dari komponen desa.
Memupuk Komitmen
Semakin banyak yang terlibat tentu saja sulit sekali untuk menyamakan pemikiran dan pendapat. Oleh sebab itu dibutuhkan komitmen yang kuat untuk menyamakan pendapat, menyatukan tujuan dan juga menyatukan persepsi.
Pelatihan
Setelah menemukan mufakat bersama dalam mengelola potensi wisata, selanjutnya tak kalah penting adalah melakukan pelatihan. Hal tersebut harus dilakukan oleh seluruh komponen desa. Selain itu sangat penting melibatkan pemerintah desa untuk mengelola pariwisata sesuai dengan peraturan pemerintah desa, manajemen tamu dan lain sebagainya. Dan tidak boleh ketinggalan yakni wisata alam tersebut harus mendapatkan perizinan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Contohnya potensi wisatanya ada di Gunungkidul maka meminta izinnya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul setempat.
Promosi Wisata
Promosi ini dilakukan supaya potensi wisata alam menjadi berkembang, salah satunya bisa memanfaatkan media sosial. Banyak wisata alam baru yang sedang ngehitz karena tempatnya begitu instagramable. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna instagram yang mengunggah foto saat berwisata di tempat tersebut.
Karena itu buatlah akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain sebagainya dengan nama tempat wisata yang sedang dikembangkan. Kemudian unggah foto dengan posisi yang menarik dan indah untuk menjadi daya tarik utama pengunjung.